Berikut ini Bacaan Doa Untuk Orang Tua

Berikut ini Bacaan Doa Untuk Orang Tua

Yang namanya anak tentunya menginginkan kondisi orang tuanya yang selalu sehat dan bahagia. Apalagi bagi anak yang jauh dan tidak sekota dengan orang tuanya. Maka dari itu, kita sebagai anak bisa mendoakan mereka setiap saat, terutama sesudah melaksanakan sholat. Karena mendoakan orang tua ini merupakan salah satu bentuk berbakti kepada orang tua.

Namun, sebelum mendoakan kedua orang tua, maka sebaiknya kamu mengetahui adab-adab berdoa terlebih dahulu, agar doa yang kamu panjatkan dikabulkan oleh Allah Subaha wa Ta’ala. Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan berikut ini.

Adab Berdoa Agar Cepat Dikabul

  • Ketika hendak berdoa maka sebaiknya anda menghadap kiblat sambil mengangkat kedua tangan. Dalam hadits riwayat Muslim, dari Jabir radhiyallahu ‘anhu mengatakan bahwa Nabi Muhammad shallalahu ‘alaihi wassallam saat berada di Padang Arafah, menghadap arah kiblat lalu berdoa kepada Allah hingga matahari tenggelam. Selain itu, ada juga hadits riwayat Abu Daud dan At-Tirmizi, Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya Tuhan kamu sekalian itu Malu dan Maha Memberi. Dua malu kepada hamba-Nya ketika hamba itu mengangkat tangan kepadanya namun kembali dengan tangan kosong.”
  • Khusyuk
    Khusyuk merupakan salah satu adab dalam berdoa yang harus anda lakukan. Khusyuk ini artinya sebagai merendahkan hati, menyerahkan diri atau tunduk, dan menempatkan diri serendah-rendahnya dihadapan Allah Subhana wa Ta’ala. Sikap khusyuk ini bukan hanya diterapkan saat sholat saja, namun juga ketika memanjatkan doa kepada Allah Subhana wa Ta’ala.
  • Diawali Dengan Memuji Keagungan Allah, Bersholawat, dan Memohon Ampun
    Dalam hal ini, anda bisa mengawali doa dengan membaca kalimat pujian kepada Allah. Seperti hamdalah, takbir, atau asmaul husna. Lalu dilanjutkan dengan membaca sholawat kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wassallam, sebagai Nabi dan Rasul utusan Allah yang menjadi suri tauladan bagi seluruh ummat muslim. Hal ini disampaikan dalam sebuah hadits riwayat Ahmad dan Abu Daud, Rasulullah bersabda, “Apabila diantara kalian berdoa, hendaknya mengawalinya dengan memuji dan mengagungkan Allah, kemudian hendaklah bersholawat kepada Nabi shallalahu ‘alaihi wassallam. Kemudian berdoalah kalian sesuai kehendak.” 
    Sesudah memuji keagungan Allah dan sholawat kepada Nabi, selanjutnya anda memohon ampun kepada Allah. Anda dapat membaca doa untuk memohon ampun atas segala dosa yang sudah diperbuat. Tentunya Allah yang Maha Pemaaf, akan membuka pintu maafnya bagi hamba-hamba-Nya yang benar-benar bertaubat. 

Doa Untuk Kedua Orang Tua

Setelah melakukan ada-adab doa di atas kamu bisa langsung berdoa untuk kedua orang tua. Berikut bacaan doa untuk orang tua :

Allohummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayanii shogiiro, waliljamii’il muslimiina walmuslimaati, walmu’miniina wal mu’munaati Al ahyaa’i minhum wal amwaati, wataabi’ bainanaa wa bainahum bil khoeraati, robbighfir warham wa annta khoirur roohimin, waalaa haula walaa quwwata illaa billaahil’aliyyil ashiimi.

Artinya : “Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, baik laki-laki dan perempuan yang masih hidup maupun sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu.”

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger