Kuliner Khas Jogja yang Harus Anda Coba

Melakukan perjalanan liburan tidak hanya melulu soal menikmati pemandangan dan suasana yang ada di kota atau empat tujuan. Salah satu daya tarik lain dari berlibur adalah mencoba kuliner khas atau menu populer yang dimiliki oleh kota tersebut. Yogyakarta atau Jogja menjadi kota yang memiliki banyak sekali kuliner khas dan populer. Jika Anda berkunjung ke Jogja, maka satu atau semua menu di bawah ini harus Anda coba. Apa saja menu dan dimana Anda harus mendatanginya? Simak daftarnya berikut ini.

1. Angkringan Kopi Jos Lik Man

Ketika Anda mendengar kata Jogja, tentu angkringan tidak akan jauh dari bayangan. Banyak sekali sudut-sudut kota Jogja yang memiliki angkringan, warung tenda atau gerobak kecil dengan lampu temaramnya yang syahdu. Angkringan paling populer dan memiliki menu khas adalah angkringan Lik Man. Anda dapat menemukannya di samping Stasiun Tugu dengan mudah karena ramainya pengunjung disini. Menu khas andalan angkringan ini adalah Kopi Jos, kopi hitam yang sudah dimasuki bara api menyala. Ingin tau rasanya? Datang langsung ke jogja.

Sumber
  

2. Oseng-Oseng Mercon Bu Narti

Penggemar masakan pedas level dewa harus mencoba menu yang satu ini, yaitu Oseng-oseng Mercon milik Bu Narti, pelopor oseng-oseng mercon di Jogja. Oseng-oseng ini menggunakan bahan baku kikil sapi dan bumbu rempah yang kaya. Sehingga Anda tidak hanya akan merasakan rasa pedas dari cabai saja namun juga sedapnya bumbu-bumbu tersebut. Apalagi ketika disajikan dengan nasi putih yang hangat, dijamin Anda akan terus mengingat rasanya hingga pulang ke rumah.

Sumber
  

3. Gudeg Yu Djum atau Gudeg Wijilan

Menu khas, populer, ikonik, dan sudah menjadi identitas Jogja yang satu ini wajib Anda coba. Terlebih lagi bagi Anda yang suka sekali dengan masakan sayur yang cenderung manis gurih. Gudeg sendiri merupakan sayur nangka muda yang dimasak bersama santan kental dan rempah komplit lainnya. Karena gudeg menjadi menu andalan kota Jogja, Anda dapat menemukan penjual gudeg di berbagai tempat di Jogja. Namun, tempat makan gudeg yang paling populer adalah Gudeg Yu Djum. Bisa juga dengan mengunjungi sentra gudeg Wijilan yang ada di sekitar Alun Alun Kidul, Jogja.

Sumber
  

4. Sate Klatak Pak Bari

Sate Klatak merupakan menu asli Imogiri yang memiliki cara penyajian unik. Mulai dari tusuk satenya, hingga bumbu yang digunakan. Pertama, Sate Klatak dibakar dengan bantuan tusuk sate yang terbuat dari jeruji sepeda, bukan tusuk sate bambu. Kedua, bumbu sate saat dibakar hanya garam dan lada. Kemudian disajikan bersama kuah gulai yang kaya dengan bumbu. Sate Klatak paling populer di Jogja adalah Sate Klatak Pak Bari.

Sumber
  

5. Mangut Lele Mbah Marto

Ikan Lele yang dimasak bersama kuah gulai kental dan pedas ini menjadi menu khas Jogja yang harus dicoba. Makanan yang sering disebut dengan Sego Nggeneng ini terletak di belakang kampus ISI, tepatnya di rumah Mbah Marto sendiri. Pengunjung yang ingin merasakan mangut lele ini dipersilahkan langsung masuk ke pawon (dapur khas Jogja) Mbah Marto dan mengambil sendiri dari pancinya. Unik, bukan? Selain dapat menikmati sedapnya mangut lele, Anda juga dapat merasakan nostalgia dan keramahan Jogja secara langsung disini.

Sumber
 
Apakah sudah ada menu khas Jogja di atas yang pernah Anda coba? Jika belum sama sekali, maka berlibur ke Jogja untuk sengaja menikmati berbagai kuliner khas ini menjadi pantas dilakukan. Sebelum Anda berlibur ke Jogja, ada baiknya untuk mengetahui objek wisata lain di Jogja dan sekitarnya dengan mengunjungi Wonderful Indonesia.
 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger