Apa Yang Perlu Dilakukan Jika Telat Membayar Pinjaman Pribadi

Apa Yang Perlu Dilakukan Jika Telat Membayar Pinjaman Pribadi

Untuk sebagian orang muda yang baru meniti karir, gaji bersihnya mungkin belum memuaskan. Padahal masa muda sebaiknya dipakai untuk mengeksplorasi dunia dan mengenali diri mereka sebelum menanggung tanggung jawab yang lebih besar.

Lalu mereka meminjam uang melalui platform pinjaman online terpercaya seperti Credy, dan telah berencana untuk membayar pinjaman pada masa yang sudah ditentukan.

Masalahnya, kehidupan memang sulit untuk diprediksi dan akhirnya mereka telat membayar pinjaman pribadinya.

Apa yang terjadi bila telat melunasi pinjaman?

Ada beberapa konsekuensi yang harus dihadapi nasabah jika dia telat membayar pinjamannya, salah satunya adalah denda. Setiap lembaga memiliki sistem denda masing-masing. Jika tidak, bagaimana cara mengendalikan masa tenor bagi semua nasabah?

Denda dapat ditentukan dalam hitungan bulanan maupun harian. Kebanyakan platform pinjaman online menjatuhkan denda harian. Memang terlihat sepele jika dilihat dalam persentase bunga yang dipasang per harinya.

Contohnya denda telat bernilai 2% per hari. Anda meminjam 100 ribu rupiah dengan bunga 5% per bulan dan masa tenor 1 bulan. Pada hari di mana Anda seharusnya membayar utang, nilai seluruh utang Anda adalah 105 ribu rupiah. Jika Anda telat sehari, Anda harus membayar Rp 107.100. 

Karena denda bersifat bunga berbunga, jika Anda telat membayar selama 30 hari, Anda membayar bukan 165 ribu rupiah, melainkan Rp 190.200, hampir dua kali lipatnya!

Bayangkan bila ini terjadi untuk 2 bulan, 3 bulan, dan seterusnya. Tentunya Anda tidak ingin tenggelam dalam utang.

Apa yang perlu dilakukan?

Jawaban yang paling mudah adalah: bayarlah utang secepatnya.

Tentunya hidup tidak bisa diprediksi dengan mudah. Terkadang, kebutuhan yang mendesak dapat terjadi setelah Anda membayar semua utang Anda. Jika uang Anda habis terpakai untuk membayar utang, dan dana Anda tidak cukup untuk membeli kebutuhan pokok, Anda bisa saja menghutang lagi dan lagi, memasuki siklus keuangan yang tidak sehat. 

Membayar semua utang vs menyicil utang

Jika keadaan keuangan Anda masih sehat, Anda masih bisa membayar semua utang tanpa mengalami masalah. Namun terkadang, ada rasa yang tidak nyaman setelah membayar utang. Jika Anda membayar dengan menggunakan anggaran rekreasi, Anda merasa bahwa jatah senang-senang Anda sudah diambil.

Apakah berarti bulan ini Anda hanyak berdiam di rumah setiap akhir pekan? Bagi beberapa orang, ini tidak ada masalahnya. Bagi mereka, kebutuhan bersenang-senang mereka bulan lalu sudah terpenuhi.

Jika Anda belum bisa berpikir seperti ini, tidak masalah. Gaya hidup memang sulit untuk diubah jika perubahannya terlalu ekstrim. 

Alternatif lainnya adalah menyicil utang. Anda masih bisa menggunakan dana yang ditabung untuk kepentingan bulan ini, namun masih bisa menyicil utang untuk beberapa bulan.

Pastikan Anda sudah menghubungi pihak kreditor agar mereka mengetahui kondisi Anda dan kapan Anda bisa melunaskan semua utang Anda. 

Butuh dana cepat cair dan AMAN? Credy adalah solusinya!

Pihak Credy tidak akan pernah mengganggu nasabah jika terjadi keterlambatan membayar utang dengan cara mendatangi nasabah atau menggunakan kekerasan. Hal ini sangat dilarang oleh lembaga Otoritas Jasa Keuangan, dan kami ingin memastikan bahwa nasabah kami merasa aman untuk meminjam bersama kami.

Pilihlah Credy sebagai solusi kredit untuk Anda!

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger