Banyak Tikus di Rumah? Inilah 6 Bahan Alami untuk Mengusir Tikus

Bahan Alami untuk Mengusir Tikus

Tikus merupakan salah satu hewan pengerat yang seringkali mengganggu ketika mereka masuk ke dalam rumah. Saat tikus masuk ke rumah Anda, Anda harus mengeluarkan mereka, salah satu caranya misalnya dengan menggunakan jebakan tikus. Namun sayangnya, setelah satu tikus tertangkap, bisa saja tikus-tikus lain akan kembali masuk ke rumah Anda.

Bahan pengusir tikus

Sebenarnya ada beberapa bahan alami yang bisa Anda simpan di rumah agar membuat tikus pergi atau tidak mau masuk ke rumah karena mereka tidak menyukainya. Berikut beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengusir tikus dari rumah Anda. 

1. Lada bubuk

Lada bubuk merupakan salah satu bumbu dapur yang tidak disukai oleh tikus karena memiliki senyawa dan aroma yang menyengat. Aroma ini akan membuat tikus tidak betah dan akhirnya pergi menjauh. Anda bisa menaburkan lada bubuk di beberapa sudut atau bagian rumah Anda yang biasa menjadi sarang bersembunyi tikus-tikus.

2. Irisan bawang merah

Bawang merah yang dikupas dan diiris juga akan memberikan aroma yang tidak disukai oleh tikus. Aroma dari irisan bawang merah yang dikupas akan membuat tikus pergi menjauh. Untuk menggunakannya Anda hanya perlu mengupas dan mengiris bawang merah segar dan simpan di beberapa sudut atau bagian rumah yang sering dilewati atau menjadi persembunyian tikus. 

3. Kulit telur

Jika Anda habis memasak menggunakan telur, jangan langsung membuang kulit atau cangkang telur. Hal ini karena ternyata kulit telur bisa Anda gunakan untuk menjadi cara lain untuk mengusir tikus pergi selain menggunakan jebakan tikus. 

Cara menggunakannya adalah dengan menghaluskan kulit atau cangkang telur hingga menjadi bubuk. Kemudian taburkan atau simpan kulit telur yang sudah bubuk tersebut di bagian-bagian yang sering dilewati oleh tikus. 

4. Kulit durian

Buah durian memang dikenal sebagai salah satu buah yang memiliki aroma menyengat. Namun rupanya bukan manusia saja yang bisa mencium aroma menyengat durian ini. Tikus juga dapat mencium aroma menyengat durian dan bahkan tidak menyukainya sehingga mereka akan menghindar jika mencium aroma durian. 

Jika Anda usai memakan buah durian, jangan buang kulit durian tersebut. Simpanlah kulit tersebut pada bagian-bagian rumah yang sering dilewati tikus agar tikus menghindar dari rumah. 

5. Bubuk atau saus cabai

Bahan lainnya yang bisa Anda gunakan adalah dengan bubuk atau saus cabai. Namun untuk menggunakan cara satu ini Anda harus lebih berani untuk berhadapan langsung dengan tikus. Caranya adalah dengan membuat ramuan yang terbuat dari bubuk atau saus cabai yang dicampurkan dengan deterjen dan air. 

Simpanlah hasil ramuan tersebut pada botol spray. Ketika Anda melihat tikus muncul di rumah, semprotlah tikus dengan ramuan tersebut. Ramuan dari bubuk atau saus cabai tersebut akan membuat tikus kepanasan dan akhirnya membuat tikus-tikus itu pergi dari rumah. 

6. Baking soda

Bahan alami yang satu ini bisa digunakan untuk meracuni tikus. Caranya adalah dengan memberikan bubuk baking soda pada makanan yang Anda jadikan sebagai perangkap agar dimakan oleh tikus. Ketika tikus memakan makanan perangkap yang sudah dicampur baking soda tersebut, soda yang terkandung pada makanan akan membuat tikus menggembung karena tidak bisa mengeluarkan gas. 

Namun Anda tidak perlu khawatir tikus akan mati ditempat dan membuat Anda harus membuang bangkainya. Tikus akan segera keluar rumah untuk mencari udara segar sebelum akhirnya ia akan mati. 

Itulah beberapa bahan yang bisa menjadi jebakan tikus alami yang bisa Anda coba. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger