Program USBN Untuk SD Dengan 8 Mata Pelajaran Dibatalkan Program USBN Untuk SD Dengan 8 Mata Pelajaran Dibatalkan - PijarKita

Wednesday, January 10, 2018

Program USBN Untuk SD Dengan 8 Mata Pelajaran Dibatalkan

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah mempertimbangkan terkait program USBN untuk Sd dengan 8 mata pelajaran dan akhirnya dibatalkkan. BSNP bersama dengan Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) telah mempertimbangkan terkait USBN tersebut.


Jadi untuk Ujian Sekolah tingkat SD akan masih sama seperti yang dulu. Ujian Sekolah tingkat SD akan sama seperti pada tahun - tahun sebelumnya (tahun ajaran 2016 - 2017). Ujian di Tahun ajaran sebelumnya telah menerapkan dengan mengujikan tiga mata pelajaran untuk SD yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, IPA dan hal tersebut masih akan dilaksanakan pada tahun ajaran 2017 - 2018.

Kepala Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) yaitu Bapak Bambang Suryadi menjelaskan bahwa tiga mata pelajaran tersebut (Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA) sebagai pondasi yang harus dikuasai oleh Siswa tingkat SD.

DOWNLOAD BUKU SD KELAS 1 KURIKULUM 2013 SEMESTER 2

Keputusan dari BSNP untuk menunda USBN tingkat SD juga mempertimbangkan pada kesiapan guru yang ditugaskan untuk membuat atau menyusun soal USBN sebesar 75 persen. Para Guru perlu persiapan matang untuk membuat atau menyusun soal untuk lima mata pelajaran lainnya yaitu Agama, PKn, IPS, Seni Budaya dan Prakarya, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan.Jadi kemungkinan masih membutuhkan waktu yang lebih lama dan perlu kesiapan yang matang.

Beberapa waktu yang lalu program USBN tingkat SD untuk mengujikan delapam mata pelajaran juga memperoleh respon yang kurang baik dari para pengamat dan asosiasi guru di Indonesia. Dengan adanya USBN tingkat SD dengan delapam mata pelajaran tersebut kabarnya bertentangan dengan pendidikan karakter atau implementasi program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).



sumber sekolahdasar.net

Shares

Artikel Terkait :

0 comments:

Post a Comment


Top