Tips Untuk Orang Tua Ketika Nilai Akademis Anak Menurun Tips Untuk Orang Tua Ketika Nilai Akademis Anak Menurun - PijarKita

Thursday, December 21, 2017

Tips Untuk Orang Tua Ketika Nilai Akademis Anak Menurun

Ketika saat melihat nilai akademis anak menurun, membuat khawatir bagi orang tua. Apalagi ketika nilai anak selalu dibawah rata - rata. Kadang secara tidak langsung bisa membuat marah orang tua tersebut. Tetapi, sebagai orang tua lebih baik menganalisa terlebih dahulu atau instropeksi diri lalu membuat langkah yang lebih baik untuk kedepan.


Ada banyak hal yang bisa mempengaruhi nilai akademis anak menurun. Penyebabnya bisa mulai dari diri sendiri, lingkungan, pergaulan, dan lain sebagainya. Jadi ketika nilai akademis anak menurun bahkan dibawah rata - rata, ada banyak hal yang perlu dicek pada diri anak tersebut lalu dilakukan perbaikan untuk kedepannya.

Berikut dibawah ini ada beberapa hal yang mungkin bisa digunakan oleh orang tua untuk pengetahui tentang anaknya terkait nilai akademis anak yang menurun.

Mencari Tahu Inti Dari Permasalahan
Orang tua bisa melihat pada nilai di setiap pelajaran secara menyeluruh. Dari sekeluruhan nilai dari mata pelajaran tersebut bisa ketahuan kelemahan dari anak tersebut. Dengan melihat pola nilai perlajaran anak tersebut, bisa mengetahui kelemahan anak tersebut.

Mencari Penyebab Nilai Selalu Menurun
Ada banyak hal penyebab nilai akademis anak menurun. Mungkin yang perlu diwaspadai adalah pada lingkungan sekolah anak. Misalkan saja apakah ada masalah disekolah dengan teman - temannya, tidak punya teman disekolah, tidak suka tempat sekolah tersebut, dan lain sebagainya. Hal tersebut bisa ditanyakan langsung kepada anak yang bersangkutan.

Awal Mula Masalah tersebut Terjadi
Orang tua harus bisa mengamati tentang perilaku pada anaknya. Apakah ada perubahan perilakunya (misal mulanya periang jadi pendiam, dan lain sebagainya). nah, awal mulanya terjadi perubahan tersebut harus bisa dilihat dan bisa ditanyakan langsung kepada teman anak tersebut atau langsung kepada anak tersebut.

Lingkungan Belajar Anak
Pastinya lingkungan belajar sangat mempengaruhi kondisi anak dalam belajar terutama disekolah. Sekolah yang bersih dan nyaman bisa membantu konsentrasi anak dalam belajar, Begitu juga dengan sebaliknya. Jadi, lingkungan belajar anak juga perlu diperhatikan.

Pendidik Anak Dalam Belajar
salah satu yang penting dan perlu diperhatikan adalah pendidik anak dalam belajar. Untuk mengatasi nilai akademis yang menurun, orang tua bisa mencarikan atau memilih pendidik anak tersebut. Misalkan pendidik dari les, guru disekolah, dan lain sebagainya.

Semoga dengan beberapa tips diatas bisa membantu orang tua dan anak untuk mengoptimalkan belajar sehingga anak bisa memperoleh nilai akademis yang lebih baik.

Shares

Artikel Terkait :

0 comments:

Post a Comment


Top