Rahasia Ampuh Belajar Yang Efeksif dan Sukses Untuk Siswa Rahasia Ampuh Belajar Yang Efeksif dan Sukses Untuk Siswa - PijarKita

Monday, December 18, 2017

Rahasia Ampuh Belajar Yang Efeksif dan Sukses Untuk Siswa

Pada kesempatan kali ini PijarKita akan memberikan tips rahasia belajar yang efektid dan sukses untuk siswa. Hal ini sangat penting karena sangat mempengaruhi perkembangan siswa untuk kedepannya. Bagaimanakah Rahasianya?? Mari simak lebih lanjut.


Orang yang sukses itu tidak serta merta langsung sukses atau juga karena bakat. Semua atau segala sesuatu perlu dilatih dan latihan secara terus - menerus sehingga bisa mencapai titik tertinggi dan berhasil sukses. Misalkan saja tentang memasak. Orang tidak begitu lahir dan ketika dewasa langsung bisa masak karena bakat. Tetapi tetap saja perlu latihan dan latihan secara terus menerus sehingga bisa memasak dengan hasil yang enak.

Begitu juga dengan siswa. Setiap siswa juga tidak serta merta langsung pandai. Semua butuh proses dengan latihan terus menerus sehingga mencapai titik yang namanya pandai. Misalkan saja ketika siswa belajar berhitung pada pelajaran Matematika. Tidak ada bakat Matematika dan semua perlu dipelajari secara terus menerus sehingga menjadi  pandai Matematika. Setelah pandai Matematika, maka orang akan menyebutkan siswa ini bakatnya Matematika. Nah, sebenarnya itu adalah hasil dari proses belajar secara terus menerus sehingga pandai Matematika.

Yang membedakan antara siswa satu dengan siswa yang lain kenapa tidak memiliki kemampuan yang sama adalah banyak faktornya. Ada siswa yang kegiatan sehari - hari setelah pulang sekolah bermain, ada yang tidur, ada yang makan makanan bergisi, dan lain sebagainya. Nah, hal - hal tersebut sangat mempengaruhi tingkat kemampuan siswa dalam belajar. Siswa yang lebih sering belajar ada kemungkinan bisa lebih pandai.

Kemampuan Siswa dalam memahami Pelajaran
Ada juga siswa yang jarang belajar paling pandai. Ada juga siswa yang setiap hari belajar terus menerus tetapi tidak bisa menjadi paling pandai. Kenapa itu terjadi? Apakah itu bukan karena bakat?

Hal tersebut diatas yang membedakan adalah kemampuan siswa dalam memahami pelajaran yang berbeda. Ada yang sekali baca materi pelajaran langsung paham, ada juga yang dijelaskan berkali - kali tetap tidak paham. Hal tersebut bukan karena bakat tetapi memang memiliki kemampuan yang berbeda dalam memahami pelajaran.

Misalkan pada pelajaran Matematika. Pada Matematika itu tidak dibutuhkan halapan(mungkin butuh hanya sebagian kecil saja), tetapi lebih membutuhkan pemahaman. Siswa yang mudah paham, maka hanya butuh belajar sebentar saja sudah cukup. Berbeda dengan siswa yang susah paham. Dia membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memahaminya.

Maka dalam kurun waktu tertentu siswa yang sudah paham tersebut memiliki tingkat kepandaian yang lebih sehingga memperoleh hasil / nilai yang lebih tinggi dan orang akan menyebutkan siswa tersebut bakatnya Matematika.

Yang Paling Utama adalah Berdoa
Dalam segala hal yang paling penting adalah Berdoa. Bukankah segala sesuatu itu adalah kehendak Tuhan. Maka sebelum belajar dan selesai belajar, berdoalah kepada Tuhan. Setelah berdoa, maka selanjutnya adalah berusaha.

Dalam doa tersebut akan memberikan ketenangan dan keyakinan dalam segala hal (bahasan ini adalah tentang belajar). Dengan diawali hal positif tersebut maka semua kegiatan akan berjalan dengan tenang dan nyaman sehingga ilmu yang diperoleh dalam belajar bisa terserap dengan baik.

Melakukan Usaha - usaha yang mendukung
Jika siswa ingin pandai dalam bidang matematika misal, maka lakukan hal - hal yang mendukung tentang matematika tersebut. Mulai dari pembuatan jadwal belajar, tujuan belajar, mainan yang berhubungan dengan Matematika, dan lain sebagainya. hal tersebut sangat penting. Kalau kata orang segala sesuatu bisa dilakukan karena sering dilakukan walaupun mulanya sulit dilakukan.

Catat hal - hal penting dalam Belajar
Mencatat dengan menulis secara manual (menggunakan buku dan pensil/pulpen) sangat penting. Dengan menulis tersebut ada banyak hal yang terjadi. Siswa bisa mencoba mengingat - ingat dalam memori otak lalu berusaha menuliskan dalam suatu kertas. Dalam menulis dikertas tersebut, maka secara otomatis otak bekerja lagi untuk mengingat - ingat apa yang kana dicatat tersebut.

Membuat Kondisi yang nyaman dalam belajar
Kondisi atau lingkungan belajar juga sangat mempengaruhi siswa dalam belajar. Jika kondisi lingkungan nyaman maka siswa bisa belajar dengan nyaman dan bisa lebih konsentrasi. Berbeda jika dengan kondisi yang sebaliknya.

Sebenarnya masih banyak lagi cara yang bisa digunakan agar bisa belajar yang efektif. Tetapi hal tersebut diatas bila bisa diterapkan dengan baik, bisa menghasilkan suatu yang luar biasa. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Shares

Artikel Terkait :

0 comments:

Post a Comment


Top