Kedepan Akan Ada 8 Mata Pelajaran di USBN SD Kedepan Akan Ada 8 Mata Pelajaran di USBN SD - PijarKita

Wednesday, December 27, 2017

Kedepan Akan Ada 8 Mata Pelajaran di USBN SD

Biasanya untuk SD kelas 6 sebelum melaksanakan Ujian Nasional, maka harus melaksanakan Ujian Sekolah (US) terlebih dabulu. Mulai tahun depan untuk Ujian Sekolah (US) diganti menjadi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Untuk saat ini Ujian Sekolah yang telah dilaksanakan di Sekolah Dasar (SD) masih menggunakan 3 mata pelajaran dan kedepannya akan diganti menjadi 8 mata pelajaran.


Ujian Sekolah yang telah berlangsung pada tahun ini untuk Sekolah Dasar (SD) atau MI hanya terdiri dari tiga mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA. Jadi siswa harus bisa menyelesaikan Ujian Sekolah yang terdiri dari tiga mata pelajaran tersebut.

Nantinya akan berbeda dengan tahun depan yang mana menerapkan USBN. USBN untuk jenjang SD dan MI akan terdiri dari 8 mata pelajaran. Nampaknya akan lebih sulit jika dibandingnya dengan tahun ini yang hanya 3 mata pelajaran. Untuk 8 mata pelajaran tersebut adalah Bahasa Indonesia, PKn, IPA, IPS, Matematika, Seni Budaya dan Prakarya (SBdP), Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK), dan yang terakhir adalah Agama.  Jika disekolah masih menerapkan Kurikulum lama (kurikulum 2006) maka pelajaran Seni Budaya dan Prakarya menggunakan nama Seni Budaya dan Ketrampilan (SBK).

Jenis Soal yang di Ujikan di USBN
Dari informasi yang beredar menjelaskan bahwa ada dua sumber soal pada USBN yaitu 25 persen soal dari Balitbang Kemendikbud dan 75 persen soal dibuat oleh Guru. Dengan komposisi soal tersebut diharapkan siswa bisa melaksanakan USBN dengan tenang dan tanpa ada rasa takut ataupun khawatir. Untuk pembuatan soal tersebut sampai saat ini masih dalam proses dan semoga saja untuk tahun depan sudah bisa berjalan dengan maksimal.

Orang tua dan peserta didik diharapkan bisa saling memotivasi untuk tetap rajin belajar. Ada banyak hal yang bisa diperoleh siswa ketika belajar sehingga baiknya belajar dilaksanakan setiap saat dan tidak hanya pada waktu ujian saja.


sumber

Shares

Artikel Terkait :

0 comments:

Post a Comment


Top